Selasa, 06 November 2012

Metodologi Penelitian


Masalah
Dalam pembelajaran di kelas sering dijumpai siswa yang kurang bisa memahami dan  mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika, padahal matematika adalah ilmu hitung yang sudah pasti jawabannya, tetapi mereka sering kebinggungan dengan cara menghitungnnya. Misalnya pada operasi hitung pembagian, siswa dapat menyelesaikan dengan cara porogapit dan bisa juga dengan cara manual seperti menggunakan jari apabila nilai bilangan itu kecil. Pada siswa kelas 4 sekolah dasar saya menjumpai seorang siswa yang tidak bisa mengerjakan soal pembagian dengan cara porogapit semenjak dia duduk di kelas 3. Si anak ini sering mengeluh pada orang tuanya kalau dia kesulitan dalam menghitung pembagian. Sedangkan orang tuanya sendiri hanya bisa mengajarkan sesuai dengan kemampuannya. 
Harapan / yang seharusnya dilakukan
Hal ini dimungkinkan karena seorang guru salah pada cara mengajarkan oprasi hitung pembagian. Agar siswa lebih memahami dan mudah mengerjakan operasi hitung pembagian seorang guru dapat menerapkaan metode pembelajaran induktif yaitu pola berfikir dari khusus menjadi umum. Sebelum mengajarkan pembagian dengan cara porogapit hal yang  seharusnya dilakukan oleh seorang guru adalah mengajarkan peserta didiknya pola dasar pembagian. Pola dasar pembagian itu adalah pengurangan yang berulang. Kemudian setelah itu baru guru mengajarkan pembagian dengan cara porogapit.
Judul Penelitian
Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada materi operasi hitung pembagian dengan metode pembelajaran induktif.

0 komentar:

Posting Komentar