RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN : Ilmu
Pengetahan Alam
KELAS
/ SEMESTER : V / 1
PERTEMUAN
KE : 1
ALOKASI
WAKTU : 2 x 35
Menit
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
KOMPETENSI DASAR :
1.1
Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan pada
manusia
INDIKATOR :
1.1.1 Menyebutkan organ-organ pernafasan manusia.
1.1.2
Menjelaskan
fungsi masing-masing organ pernafasan manusia
1.1.3 Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara
kerjanya.
1.1.4 Menjelaskan penyebab terjadinya gangguanan
pada alat pernapasan manusia.
1.1.5 Membiasakan
diri memelihara kesehatan alat pernapasan.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
·
Siswa dapat menyebutkan
organ-organ pernafasan manusia.
·
Siswa dapat menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan manusia
·
Siswa dapat
membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
·
Siswa dapat
menjelaskan penyebab terjadinya gangguanan pada alat pernapasan manusia.
·
Siswa dapat
membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.
MATERI
AJAR :
Alat-alat pernapasan
pada manusia.
MODEL
PEMBELAJARAN :
·
Direct
Instruction (DI)
·
Cooperative
Learning (CL)
METODE PEMBELAJARAN :
·
Demonstrasi
·
Eksperimen
·
Diskusi Tanya
jawab
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
1. PENDAHULUAN (20 Menit)
•
Mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan bacaan
basmalah.
•
Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa yang tidak
masuk.
•
Guru membuat kesepakatan sebagai berikut :
a.
Ketika guru mengucapkan “Sains” maka kelas membalas “Oke”
lalu semua siswa-siswi memfokuskan
perhatiannya pada guru.
b. Ketika siswa-siswi akan menyampaikan pendapat atau bertanya, siswa-siswa cukup mengangkat tangan dan tidak perlu berteriak-teriak.
c. Ketika ada siswa-siswi yang gaduh, siswa-siswi lain yang mengingatkan atau memberikan teguran.
d. Ketika mengambil peralatan-peralatan dari guru, cukup wakil kelompok yang melakukan. Siswa-siswi yang lain tetap berada di kelompoknya.
•
Guru memotivasi
siswa dengan meminta siswa mendemonstrasikan apa yang akan terjadi jika dalam
beberapa saat mulut dan hidung ditutup.
•
Guru menunjukkan
gambar penampang organ pernafasan manusia selanjutnya guru melakukan tanya
jawab tentang topik yang akan dibahas meliputi (lobang hidung, tenggorokan,
bronkus, paru-paru kanan-kiri, dan alveolus).
•
Menyampaikan kompetensi dan materi yang akan diajarkan.
2. KEGIATAN
INTI (45 Menit)
•
Guru meminta siswa membuka buku paket dan meminta siswa
untuk membacanya 5 menit.
•
Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan kelas.
•
Guru meminta kepada siswa untuk menahan nafas dalam
beberapa saat, siswa yang lain diminta untuk memperhatikan
•
Setelah beberapa saat siswa yang ditugaskan tersebut
diminta untuk menjelaskan apa yang telah dirasakan. Selanjutnya dengan
menggunakan alat peraga tubuh manusia kita jelaskan pada siswa proses
respirasi.
•
Guru menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan
manusia.
•
Guru menjelaskan penyebab terjadinya
gangguanan pada alat pernapasan manusia.
•
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok.
•
Guru membagikan kepada siswa lembar kerja.
•
Guru meminta siswa untuk membuat sebuah model alat
pernapasan manusia sesuai dengan lembar kerja yang sudah diberikan.
•
Guru mengunjungi setiap kelompok ketika kelomok melakukan
experimen.
•
Setelah selesai guru meminta salah satu siswa dari
perwakilan kelompok untuk menpresentasikan ke depan kelas.
•
Guru meminta kelompok lain
untuk menanggapi dan memberikan kesimpulan meskipun kesimpulan itu
salah.
3. PENUTUP (5
Menit)
•
Guru menegaskan kembali apa yang telah disimpulkan
siswa-siswi, dan menambahkan contoh-contoh atau aplikasi konsep dalam suatu
permasalahan.
•
Guru meminta siswa untuk selalu membiasakan diri menjaga
kebersihan alat pernapasan.
•
Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdala dan salam.
ALAT/BAHAN/SUMBER :
1.
Buku paket
2.
LKS
3.
Model / gambar organ pernafasan manusia.
PENILAIAN
BELAJAR :
1. Test
tulis
2. Penilaian
kinerja pada saat membuat model alat pernapasan.
3. Penilaian
ketrampilan sosial yang dilakukan saat berdiskusi kelompok.
Contoh
Tes Pilihan Ganda dan Essay
1.
Pertukaran udara pernapasan berlangsung di dalam . . . .
a.
bronkiolus
b.
alveolus
c.
bronkus
d.
trakhea
2) Jelaskan proses
yang terjadi pada alveolus.
Gresik, ………………………..
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Madrasah Ibtidaiyah
…………………….... …………………....
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar