Selasa, 06 November 2012

RPP IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                        : Ilmu Pengetahan Alam
KELAS / SEMESTER                       : V / 1
PERTEMUAN KE                             : 1
ALOKASI WAKTU                          : 2 x 35 Menit
STANDAR KOMPETENSI              : 1. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
KOMPETENSI DASAR                   : 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan pada
                                                                   manusia
INDIKATOR                                     :
1.1.1 Menyebutkan organ-organ pernafasan manusia.
1.1.2 Menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan manusia
1.1.3 Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
1.1.4 Menjelaskan penyebab terjadinya gangguanan pada alat pernapasan manusia.
1.1.5 Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.


TUJUAN PEMBELAJARAN           :
·         Siswa dapat menyebutkan organ-organ pernafasan manusia.
·         Siswa dapat menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan manusia
·         Siswa dapat membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
·         Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya gangguanan pada alat pernapasan manusia.
·         Siswa dapat membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.

MATERI AJAR                                 :
Alat-alat pernapasan pada manusia.
MODEL PEMBELAJARAN            :
·         Direct Instruction (DI)
·         Cooperative Learning (CL)
METODE PEMBELAJARAN                      :
·         Demonstrasi
·         Eksperimen
·         Diskusi Tanya jawab
KEGIATAN PEMBELAJARAN      :
1.         PENDAHULUAN (20 Menit)
         Mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan bacaan basmalah.
         Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa yang tidak masuk.
         Guru membuat kesepakatan sebagai berikut :
a.       Ketika guru mengucapkan “Sains” maka kelas membalas “Oke” lalu semua siswa-siswi memfokuskan perhatiannya pada guru.
b.      Ketika siswa-siswi akan menyampaikan pendapat atau bertanya, siswa-siswa cukup mengangkat tangan dan tidak perlu berteriak-teriak.
c.       Ketika ada siswa-siswi yang gaduh, siswa-siswi lain yang mengingatkan atau memberikan teguran.
d.      Ketika mengambil peralatan-peralatan dari guru, cukup wakil kelompok yang melakukan. Siswa-siswi yang lain tetap berada di kelompoknya.
         Guru memotivasi siswa dengan meminta siswa mendemonstrasikan apa yang akan terjadi jika dalam beberapa saat mulut dan hidung ditutup.
         Guru menunjukkan gambar penampang organ pernafasan manusia selanjutnya guru melakukan tanya jawab tentang topik yang akan dibahas meliputi (lobang hidung, tenggorokan, bronkus, paru-paru kanan-kiri, dan alveolus).
         Menyampaikan kompetensi dan materi yang akan diajarkan.
2.         KEGIATAN INTI (45 Menit)
         Guru meminta siswa membuka buku paket dan meminta siswa untuk membacanya 5 menit.
         Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan kelas.
         Guru meminta kepada siswa untuk menahan nafas dalam beberapa saat, siswa yang lain diminta untuk memperhatikan
         Setelah beberapa saat siswa yang ditugaskan tersebut diminta untuk menjelaskan apa yang telah dirasakan. Selanjutnya dengan menggunakan alat peraga tubuh manusia kita jelaskan pada siswa proses respirasi.
         Guru menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan manusia.
         Guru menjelaskan penyebab terjadinya gangguanan pada alat pernapasan manusia.
         Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok.
         Guru membagikan kepada siswa lembar kerja.
         Guru meminta siswa untuk membuat sebuah model alat pernapasan manusia sesuai dengan lembar kerja yang sudah diberikan.
         Guru mengunjungi setiap kelompok ketika kelomok melakukan experimen.
         Setelah selesai guru meminta salah satu siswa dari perwakilan kelompok untuk menpresentasikan ke depan kelas.
         Guru meminta kelompok lain  untuk menanggapi dan memberikan kesimpulan meskipun kesimpulan itu salah.
3.         PENUTUP (5 Menit)
         Guru menegaskan kembali apa yang telah disimpulkan siswa-siswi, dan menambahkan contoh-contoh atau aplikasi konsep dalam suatu permasalahan.
         Guru meminta siswa untuk selalu membiasakan diri menjaga kebersihan alat pernapasan.
         Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdala dan salam.
ALAT/BAHAN/SUMBER    :
1.      Buku paket
2.      LKS
3.      Model / gambar  organ pernafasan manusia.
PENILAIAN BELAJAR       :
1.      Test tulis
2.      Penilaian kinerja pada saat membuat model alat pernapasan.
3.      Penilaian ketrampilan sosial yang dilakukan saat berdiskusi kelompok.


               
Contoh Tes Pilihan Ganda dan Essay
1. Pertukaran udara pernapasan berlangsung di dalam . . . .
a.       bronkiolus
b.      alveolus
c.       bronkus
d.      trakhea
2) Jelaskan proses yang terjadi pada alveolus.


Gresik, ………………………..
                       Mengetahui                                                      Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah Ibtidaiyah  


     ……………………....                                                          …………………....
       NIP.                                                                                    NIP.

0 komentar:

Posting Komentar